Ibadah Umroh Semakin Menguatkan Keislaman dan Keimanan

chat WA

Definisi Umroh

Kata umroh artinya berkunjung dari bahasa arab yang diterjemahkan, sedangkan arti secara bahasa umumnya yaitu sebuah aktivitas yang dengan sengaja mendatangi atau berkunjung ke tempat yang selalu dikunjungi oleh orang untuk melakukan hal baik. Umroh sendiri lebih dikenal di agama islam sebagai bentuk ibadah sunnah bagi orang yang mampu dari semua hal dan nantinya mendapatkan pahala berlimpah usai turun dari ibadah umroh. 

Dengan datang ke rumah Allah SWT yaitu Mekkah dan melaksanakan sejumlah ibadah wajib seperti sa’i, towaf dan dzikir maka termasuk dalam umroh. 

Cerita Tentang Umroh

Umroh merupakan ibadah sunnah yang boleh dilakukan oleh semua umat muslim di dunia berulang kali asalkan mampu. Ibadah ini berasal dari aktivitas yang dilakukan Nabi sebelum menunaikan ibadah haji, Nabi menganjurkan umroh bagi sahabat yang sudah mampu dan harus khusyuk. Tidak ada pantangan untuk siapapun umat islam dalam melakukan umroh. Manfaat yang bisa diperoleh dengan melaksanakan umroh adalah umat muslim bisa melihat perjuangan Nabi dalam mempertahankan agama islam, sejarah Nabi zaman dahulu dan banyaknya pahala yang bisa diperoleh. 

Dalam melakukan umroh, jamaah diwajibkan menuruti semua aturan yang ada pada aturan Nabi, semua bacaan dan tidak boleh melakukan sesuka hati. Pada intinya, jamaah wajib berkata dan tunduk melakukan hal baik selama melakukan umroh. 

Cara Melaksanakan Umroh

Untuk melaksanakan umroh, Anda bisa mendaftarkan diri ke agen perjalanan umroh haji atau lembaga resmi yang telah akreditasi dalam mengurus umroh dan haji. Ada banyak dokumen dan syarat agar Anda bisa berangkat umroh. Setelah melengkapi persyaratan itu maka tinggal menunggu pelunasan dan kapan waktu berangkatnya saja. Untuk waktu umroh bisa setiap bulan sedangkan haji tergantung dari paket haji yang diambil. Haji reguler biasanya harus menunggu 5-10 tahun untuk ibadah dan cukup 1 kali dalam seumur hidup sudah bagus sekali. 

Syarat umroh

Untuk melaksanakan umroh, ada syarat wajib yang harus dipenuhi oleh calon jamaah yaitu:

  1. Islam
  2. Baligh (dewasa)
  3. Memiliki akal
  4. Merdeka bukan budak 
  5. Mampu (biaya, mental dan fisik)
  6. Ada mahram (khusus wanita)

Apabila ada anak kecil yang ingin ikut umroh tidak dilarang tetapi juga tidak disarankan karena alasan kesehatan. Anak yang belum baligh yang melakukan umroh dianggap hanya memberikan edukasi ibadah sunnah dan tidak mendapatkan pahala, terkecuali sesaat sebelum umroh seorang anak laki-laki atau perempuan sudah baligh maka mendapatkan pahala. 

Tidak sedikit perasaan riya setelah umroh dan haji seringkali ada di jamaah karena mungkin merasa sudah cukup sempurna dalam melaksanakan rukun islam. Hendaknya Anda usai umroh dan haji selalu berserah diri dan rendah hati dalam bertutur kata agar nilai pahala yang diperoleh dari tanah suci selalu bertambah. 

Apa Saja Rukun Umroh?

Rukun umroh ada 5 yaitu:

  • Ihram, memakai pakaian khusus umroh berwarna putih dan menyesuaikan bentuk antara pria dan wanita. Untuk pria harus memakai kain yang bisa dijadikan selendang dan sarung, sedangkan wanita menutup seluruh tubuhnya tanpa cadar dan sarung tangan. 
  • Thawaf, adalah berlari kecil atau jalan cepat mengintari ka’bah sebanyak 7 kali mulai dari hajar aswad hingga kembali lagi ke hajar aswad. Perjalanan jamaah berkebalikan dengan arah jarum jam. 
  • Sai, adalah berjalan atau berlari kecil dari bukit shofa ke bukit marwah sebanyak 7 kali, kemudian kembali lagi sampai sebanyak 7 kali. 
  • Tahalul, adalah mencukur rambut dan wajib bagi pria atau wanita. Untuk pria akan lebih baik jika digundul sedangkan wanita cukup setinggi seruas jari tangan. 
  • Tertib, adalah posisi sempurna dimana semua kegiatan sudah siap dan berjalan dengan aturan yang ada. 

Masa perjalanan ibadah umroh ini hanya 7 – 9 hari tergantung paket umroh yang Anda ambil, jika umroh plus tour maka setelah ibadah umroh selesai bisa dilanjutkan dengan tour religi atau ziarah ke makam Nabi allah. Tujuan tour religi ini agar jamaah bisa mendalami dan melihat bagaimana kondisi sahabat Nabi dan perjuangan Nabi saat menyiarkan agama islam. Ada banyak cerita saat agama islam ditolak dan diterima, keimanan Anda sepulang dari umroh diharapkan bisa semakin bertambah. 

Tata Cara Ibadah Umroh Di Tanah Suci

  • Anda disarankan atau disunnahkan untuk mandi besar baik pria atau wanita sebelum turun umroh.
  • Setelah mandi, memakai pakaian umroh yang sudah disipakan oleh panitia. Cara memakainya bisa minta tolong kepada pemandu atau melihat tutorial.
  • Melakukan doa niat umroh, kemudian lakukan perjalanan dari hotel ke miqot
  • Lanjutkan dengan sholat sunnah 2 rokaat sambil Labbaika Allahumma ‘umrotan atau Labbaika Allahumma bi’umrotin.
  • Lanjutkan lagi dengan bacaan talbiyah yaitu  Labbaikallahumma labbaik labbaika laa syarika laka labbaik.
  • Saat masuk ke Mekkah, maka jamaah wajib mandi dahulu sebelum masuk
  • Ketika masuk ke Mekkah, maka bacaa talbiyah bisa berhenti sejenak untuk sebelum towaf. Di area ini, Anda bisa menyentuh dan mencium hajar aswad sambil Bismillahi wallahu akbar. Apabila Anda tidak mampu menjangkau hajar aswad maka cukup membuat isyarat dengan kalimat allahu akbar. 
  • Melakukan towaf 7 kali atau 7 putaran mengelilingi ka’bah. Saat towaf 3 putaran pertama Anda harus berjalan cepat dan setelahnya jalan biasa. 
  • Melakukan sholat sunnah 2 raka’at di belakang maqam Nabi Ibrahim apabila mampu. Anda juga bisa solat sunnah di tempat lainnya masih di sekitar masjidil haram sambil membaca surat Al-Kafirun di roka’at pertama dan Al-Ikhlas di roka’at kedua.
  • Melakukan sai, atau lari kecil. Anda harus naik ke bukit showa sambil mengangkat tangan dan berdoa Innash shofa wal marwata min sya’aairillah. Abda’u bima bada’allahu bihi. Setelah itu lakukan bacaan takbir sebanyak 3 kali, lanjut dengan bacaan Laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lahu, Lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai’in qodiir, Laa ilaha illallahu wahdahu anjaza wa’dahu wa nasoro ‘abdahu wa hazamal ahzaaba wahdahu sebanyak 3x. Kemudian Anda bisa berdoa sesuai keinginan hati. Setiap kembali ke lintasan maka Anda wajib membaca urutan doa tersebut hingga 7 kali putaran.
  • Tahallul, mencukur rambut setelah Anda selesai melakukan sai. Aturan tahallul bisa dibaca di buku panduan.
  • Setelah itu Anda bisa pulang ke tanah air.

Umroh memang dilakukan oleh orang yang mampu tetapi apabila kita niat untuk menjalankan kendati harus menunggu waktu yang sangat lama maka bisa segera terlaksana. Daftarkan diri Anda sekarang yuk!



chat WA

Open chat
1
Klik untuk bantuan ➔
Klik open chat untuk bantuan ➘➘➘
Powered by