Biaya Umroh 2020 (Update Penjelasan)

chat WA

Saat ini sudah memasuki tahun 2020, di tahun ini pastinya pelaksanaan ibadah umroh merupakan salah satu keinginan yang diniatkan oleh tiap-tiap muslim. Bagi para calon jamaah yang masih kebingungan terkait hal-hal dalam ibadah umroh, layaknya persyaratan dan juga Biaya Umroh 2020, dalam artikel ini akan dibahas dengan lengkap.

Ibadah Umroh

Umroh merupakan salah satu ibadah, yang disunnahkan dan dicontohkan pengerjaannya oleh Rasulullah SAW. Dalam berumroh, terdapat banyak kebaikan dan hikmah yang bisa dipetik oleh umat muslim yang menjalankannya. Karena itu inti dari pelaksanaan ibadah umroh sebenarnya bukanlah foya-foya atau memperbesar gaya dunia, melainkan semakin merunduk dan mengkhidmati suasana ibadah yang dijalani selama beberapa hari di Mekah dan Madinah tersebut. Mengunjungi kota-kota haram Allah juga merupakan salah satu ikhtiar dalam merajut kembali sejarah islam dalam diri tiap muslim. Mengetahui perjuangan nabi dan sahabatnya di masa lalu, akan membuat tiap muslim menyadari bahwa Islam adalah agama kuat, yang terbangun dari iman dan kesungguhan.

Kapan saja biasanya seseorang melaksanakan umroh?

Tak seperti ibadah haji, yang hanya memiliki kuota pelaksanaan sekali dalam setahunnya, ibadah umroh memiliki kelowongan dengan kesempatan pelaksanaan yang lebih banyak. Dan ini berimbas pada waktu keberangkatannya. Setiap muslim yang ingin berangkat dan beribadah, bisa melakukannya dalam bulan apa saja, kecuali ketika waktunya berhaji. Dan ini menjadikan perjalanan umroh juga lebih sederhana dan cepat, dibandingkan dengan perjalanan haji. Jika pendaftaran perjalanan haji biasanya memakan waktu lama dalam antriannya, maka pelaksanaan umroh akan jadi relative lebih cepat, dan bisa menyesuaikan dengan waktu senggang yang telah dimiliki.

Apa saja persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin berangkat ibadah umroh?

Selain menyiapkan Biaya Umroh 2020, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon jamaah, yang berniat untuk mengikuti ibadah haji. Yang pertama adalah memastikan masa aktif paspor. Dalam keberangkatan umroh, paspor yang digunakan haruslah yang memiliki masa pakai, selama 8 bulan, dari masa kadaluarsanya. Karena itu harap melakukan pengecekan secara berkala, terkait dengan paspor yang nantinya akan digunakan.

Syarat yang kedua adalah sudah melakukan vaksin meningitis. Vaksin meningitis merupakan salah satu persyaratan wajib yang harus dijalankan oleh calon jamaah haji dan umroh, sebelum berangkat beribadah. Tujuan dari pelaksanaan vaksin meningitis ini adalah sebagai cara untuk pembentukan antibodi dalam tubuh. Antibodi inilah yang nantinya akan membantu tubuh dalam bertahan menghadapi bakteri yang dapat menyebabkan meningitis. Penyakit meningitis umumnya akan menyerang bagian selaput otak, dan juga sumsum tulang belakang.

Persyaratan yang ketiga adalah menyiapkan pas foto, dengan ukuran 4 x 6, sebanyak 6 lembar. Dalam membuat pas foto inipun tidak bisa sembarangan, sebab ada beberapa aturannya. Misalnya yang pertama adalah memperlihatkan bagian wajah dengan jelas. Tidak menggunakan kacamata ataupun peralatan lainnya yang memungkinkan menutupi wajah. Dan pada bagian pas foto ini, harus memperlihatkan bagian wajah hingga 80%. Hal ini memang sengaja dilakukan, agar proses identifikasi calon jamaah gampang dilakukan melalui visual dan foto yang diserahkan.

Syarat selanjutnya adalah melampirkan beberapa dokumen pendukung. Seperti kartu keluarga yang sah dan masih berlaku, lalu melampirkan buku atau surat nikah bagi pasangan suami istri, dan melampirkan akte kelahiran dan foto copy KTP, bagi calon jamaah yang masih berstatus lajang. Persyaratan yang harus dikumpulkan memang bertujuan sebagai jaminans ecara kesehatan, maupun jaminan secara identitas. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan untuk terjadi.

Bagaimana perincian biaya umroh 2020?

Biaya umroh setiap tahunnya bisa berubah-ubah, tergantung dari banyak aspek yang mempengaruhi. Bisa jadi keadaan mata uang dan perekonomian dunia, dan bisa juga karena adanya perubahan regulasi dan administrasi dalam tata cara pengurusan keberangkatan ibadah haji dan umroh. Dalam membahas biaya umroh 2020, para agen perjalanan umroh biasanya membaginya dalam beberapa jenis, yang nantinya berpengaruh pada fasilitas dan juga harga selama menjalankan ibadah umroh.

Ibadah Umroh Berdasarkan Daerah Kunjungan

Ibadah umroh dengan jenis regular

Ibadah umroh berjenis ini biasanya merupakan paket yang menyediakan perjalanan umroh dengan rute yang regular atau sandar. Yaitu melakukan ibadah dan juga berkesempatan untuk melakukan tur ke kota mekah dan madinah. Paket regular ini biasanya dihadirkan dengan kurun waktu perjalanan dari 9 hingga 12 hari, dengan biaya berkisar antara 20 juta rupiah hingga 30 juta rupiah. Lamanya waktu perjalanan yang ditempuh dalam paket reguler biasanya ditentukan oleh masing-masing agen travel.

Ibadah umroh berpaket plus

Jika sebelumnya ibadah umroh dilaksanakan didampingi dengan city tour, yang hanya terbatas pada dua kota saja, yaitu kota mekah dan kota madinah, maka kemudian ada paket umroh, yang menawarkan perjalanan plus ke kota-kota lainnya. Biasanya perjalanan ini akan mendaulat kota turki dan Aqsa, sebagai destinasi perjalanan yang bisa dinikmati oleh jamaah umroh. Untuk umroh yang mendapatkan tambahan city tour ke beberapa kota ini, biasanya biayanya berkisar antara 40 juta rupiah hingga 50 juta rupiah.

Ibadah umroh berdasarkan lamanya kunjungan

Selain ditentukan oleh daerah kunjungan, penentuan biaya umroh 2020 juga dilakukan dengan melihat seberapa lama kunjungan tersebut dilakukan. Ada yang membagi paket ibadah umroh menjadi beberapa hari, misalnya seperti umroh 9 hari, lalu ibadah umroh 13 hari, dan yang terakhir ada juga yang ibadah umroh 16 hari. Dalam waktu 9 hingga 16 hari ini jamaah umroh biasanya bisa memilih akan menghabiskan waktu untuk mengunjungi kota yang mana saja. Biasanya yang tersedia adalah memang yang berada di kawasan eropa, salah satunya adalah kota turki.

Catatan Fasilitas

Dalam melaksanakan ibadah umroh berdasarkan paket dan jenisnya, calon jamaah harus memperhatikan jenis fasilitas dan apa saja yang ditawarkan oleh agen keberangkatan tersebut. Secara umum, biasanya fasilitas yang akan diberikan meliputi beberapa hal, antara lain yaitu fasilitas akomodasi hotel atau penginapan selama di kota-kota kunjungan, entah itu di Mekah, di Madinah, di Aqsa atau di Turki. Akomodasi ini kemudian tentu saja didampingi oleh fasilitas transportasi, karena biasanya bepergian secara berombongan dengan angkutan khusus dari agen terkait. Selanjutnya fasilitas sudah termasuk pengurusan tiket perjalanan keberangkatan dan kepulangan, disertai dengan asuransi keselamatan saat beribadah, hingga sampai kembali ke tanah air. Dan biasanya pengurusan tiket ini juga sekaligus dengan pengurusan visa khusus umrohnya. Oh Iya, para calon jamaah juga tak perlu khawatir, karena selain persiapan terkait tiket dan akomodasi, hal lain yang biasanya ditawarkan adalah fasilitas manasik, atau pelatihan sebelum keberangkatan.

Untuk selanjutnya, fasilitas yang tak kalah pentingnya adalah pemenuhan catering untuk makan sebanyak tiga kali dalam sehari, diikuti dengan pemenuhans egala perlengkapan pelaksanaan umroh, seperti mendapatkan koper atau tas tertentu, mendapatkan seragam, lalu disediakan kain ihram, kaos tangan, dan kaos kaki, serta jilbab atau mukenah bagi jamaah perempuan. Fasilitas lainnya yang tak boleh ketinggalan juga adalah penyertaan pemandu atau mutawif dan mutawwifah yang handal, profesional, dan pastinya sangat ramah dan membantu selama berada dalam pelaksanaan ibadah.

Itulah beberapa bahasa terkait dengan syarat pelaksanaan ibadah umroh, beserta perincian Biaya Umroh 2020



chat WA

Open chat
1
Klik untuk bantuan ➔
Klik open chat untuk bantuan ➘➘➘
Powered by